Halaman

Tugas Akhir Sekolah

PROPOSAL
PROJECT WORK/PROJEK TUGAS AKHIR
PEMBUATAN ANIMASI MENGGUNAKAN FLASH 8


Disusun Oleh
Siti Lailatul Munadirro
Program Multimedia
SMK “Antartika” 2 Sidoarjo
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PROPOSAL
PROJECT WORK/PROYEK TUGAS AKHIR

Nama Sekolah           : SMK “Antartika” 2 Sidoarjo
Program Keahlian     : Multimedia
Alokasi Waktu           : 200 Jam
Nomor Peserta      : 










Nama Peserta : Siti Lailatul Munadirro
Judul Proyek : Pembuatan Animasi dengan Menggunakan Flash

PEMBUATAN ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN FLASH
Sidoarjo, 16 Januari 2012
Menyetujui,                                                                            Peserta Ujian
DU/DI/Pemohon Order                                                       







..............................................                                                     Siti Lailatul Munadirro
                                               




Mengetahui,                                                                  Guru Pembimbing
Kepala Sekolah                                                    SMK Antartika 2 Sidoarjo                                                        






H. IMAM JAWAHIR, S.Pd, MM                                       Gunawan Ari Bowo, S.ST
NIP : 19690510 200501 1 015                                               1202008



Kata Pengantar
Segala puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmast, taufiq serta hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tugas akhir SMK “Antartika” 2 Sidoarjo tahun ajaran 2012/2013 tanpa ada hambatan apapun. Laporan ini dapat disusun sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Kompetensi pada Jurusan Multimedia SMK “Antartika” 2 Sidoarjo.
Laporan ini disusun sesuai dengan teori dan praktek yang penulis ketahui, dimana penulis  menyusun laporan tentang “PEMBUATAN ANIMASI”. Dengan adanya proposal ini bisa memberikan alternatif cara belajar baru, kebutuhan akan belajar akan meningkat pula.
Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada segenap Pembimbing yang telah bersedia memberikan arahan, bimbingan dan saran kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan proyek proposal ini. Semoga semua amal baik yang telah diberikan kapada kami mandapatkan imbalan yang setimpal dari Allah Swt. Akhir kata, kami berharap proposal tugas akhir ini bermanfaat bagi kita semua.

Penulis, 


Daftar Isi
Judul.................................................................................................i
Pengesahan.........................................................................................ii
Kata Pengantar.........................................................................................iii
Daftar Isi...................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN............................................................................1
A.    Latar Belakang..................................................................................1
B.     Tujuan...........................................................................................2
BAB II MENGENAL ANIMASI......................................................................3
A.    Animasi..........................................................................................3
B.     Prinsip Dasar Animasi........................................................................  4
C.     Jenis Animasi.................................................................................. 5
D.    Efek Animasi dalam Multimedia..............................................................6
E.     Metode untuk Mengontrol Animasi...........................................................7
F.      Transmisi Animasi..............................................................................8
G.    Tool Animasi....................................................................................9
H.    Software untuk Pembuatan Animasi........................................................10
BAB III MENGENAL MACROMEDIA FLASH 8..................................................11
A.    Megenal Jendela Kerja Flash 8..............................................................13
BAB IV PROSES PRODUKSI DAN JASA........................................................14
A.    Jadwal Waktu Pelaksanaan..................................................................14
B.     Alat dan Bahan................................................................................15
   1.      Alat............................................................................................16
   2.      Bahan.........................................................................................17
C.     Proses dan Sistematika Kerja...............................................................18
BAB V PENUTUP.................................................................................19
A.    Kesimpulan.....................................................................................19
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................20
BIODATA PENULIS.................................................................................21




BAB I
PENDAHULUAN

      A. Latar Belakang
Animasi berasal dari kataAnimation  yang dalam bahasa Inggris toanimate  yang berarti menggerakan.  Contohnya  sebuah benda yang mati, lalu digerakkan  melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan  hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan pada gambar yang ditampilkan
Perkembangan animasi  pada saat ini berjalan cepat dalam berbagai bidang. Animasi begitu dikenal dalam bidang perfilman, terutama dunia anak-anak.  Akan tetapi, sekarang animasi tidak hanya digunakan dalam dunia hiburan seperti pembuatan film dan permainan, tetapi juga dalam pembuatan desain web dan dunia pendidikan.
Animasi dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.
Animasi dapat diintergrasikan ke media lain seperti video atau  presentasi sehingga cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang sulit disampaikan secara langsung melalui buku. Animasi dalam dunia pendidikan memberikan berbagai keuntungan bagi siswa dan pengajar. Bagi siswa, animasi dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Bagi pihak pengajar, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam penyampaian materi kepada siswa.
Salah satu perangkat lunak pembuat animasi yang cukup populer pada saat ini adalah  Adobe Flash 8 menawarkan berbagai fitur dan kemudahan dalam penggunaannya. Tampilan interface, fungsi, dan pilihan palet yang beragam, serta kumpulan tool  yang lengkap sangat membantu dalam pembuatan karya animasi yang menarik.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis tertarik membuat animasi latar belakang. Hasil dari animasi tersebut akan dituangkan dalam bentuk akhir dengan judul “Pembuatan Animasi Tata Surya”.

  B.  Tujuan
1.      Agar siswa mengetahui Prinsip Dasar Animasi, Jenis Animasi, Efek Animasi, Metode untuk mengontrol Animasi, Transmisi Animasi, Tool Animasi dan Software yang di gunakan dalam pembuatan Animasi
2.      Agar siswa dapat membuka Program Macromedia Flash 8 dan mengetahui bagian-bagian jendela kerja Macromedia Flash 8
3.      Agar siswa dapat membuat animasi sesuai dengan langkah-langkah yang di tentukan.


BAB II
MENGENAL ANIMASI

     A. Animasi
Animasi berasal dari bahasainggris animate = menghidupkan, memberijiwadan menggerakanbendamati.Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup.
Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

B. Prinsip Dasar Animasi
Secara sedehana prinsip kerja animasi adalah dengan :
1.              Menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan
Contoh : Prinsip kerja animasi dengan menumpuk gambar 1 s.d 4 secara berurutan dalam tempo yang cepat


           

 Gambar akan ditampilkan mulai dari 1 s.d sehingga seolah-olah bola hitam tersebut bergerak dari bawah ke atas. Kecepatan gerak bola tergantung pada delay antar gambar. Semakin kecil delay maka akan semakin cepat pula gerakan bolanya. Langkah ini juga merupakan cara pembuatan kartun-kartun klasik.

2.              Mengubah nilai koordinat suatu objek sehingga memperoleh sebuah efek gambar yang Hidup
Prinsip kerja animasi dengan mengubah nilai koordinat objek adalah dengan mengatur-atur nilai koordinat X dan Y objek tersebut.
 
Bola akan berpindah dari koordinat (1,5) menuju (2,4). Dengan mengetur delay antar perintah perubahan nilai koordinat, maka akan didapatkan sebuah animasi yang gerakannya dapat diatur-atur.

C. Jenis Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1.   Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2.   Animasi Tradisional (Traditional animation)
3.   Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)

1.      Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
Stop-motion animation Stop-motion  animation sering  pula  disebut claymation karena  dalam perkembangannya, jenis  animasi ini sering  menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek  yang  digerakkan  .  Tehnik stop-motion  animation merupakan  animasi  yang dihasilkan  dari  penggambilan  gambar  berupa obyek  (boneka  atau  yang  lainnya) yang  digerakkan  setahap  demi  setahap.  Dalam pengerjaannya  teknik  ini  memiliki tingkat kesulitan  dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
 Salah satu adegan dari film Chiken Run.  adegan dari film Celebrity Deadmatch. Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks,  merupakan  salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.

2.    Animasi Tradisional (Tradisional AAnimation)
Tradisional  animasi adalah  tehnik animasi  yang  paling  umum  dikenal  sampai  saat ini. Dinamakan tradisional  karena  tehnik animasi  inilah yang  digunakan  pada  saat animasi  pertama  kali  dikembangkan.  Tradisional  animasi  juga  sering  disebut cel animation karena  tehnik pengerjaannya  dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas  mirip  sekali  dengan  transparansi  OHP  yang  sering  kita  gunakan.  Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
Contoh gambar proses gerakan berjalan pada animasi tradisional.

Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi. ”Pinokio” salah satu film animasi tradisional buatan Waltsdisney. ”Naruto” salah satu film animasi tradisional yang proses pembuatannya telah menggunakan komputer.
1.     Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
Sesuai  dengan  namanya,  animasi  ini  secara  keseluruhan  dikerjakan  dengan menggunakan komputer.  Dari  pembuatan  karakter,  mengatur  gerakkan    “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Dengan  animasi  komputer,  hal-hal  yang  awalnya  tidak  mungkin  digambarkan dengan  animasi  menjadi  mungkin  dan  lebih  mudah.  Sebagai  contoh  perjalanan wahana  ruang  angkasa  ke  suatu  planet  dapat  digambarkan  secara  jelas,  atau proses terjadinya tsunami. Monster Inc, salah satu film animasi yang seluruh pembuatannya menggunakan komputer. Perkembangan  teknologi  komputer saat  ini,  memungkinkan orang  dengan  mudah membuat  animasi.  Animasi  yang dihasilkan tergantung  keahlian  yang dimiliki  dan software yang digunakan. Salah satu contoh animasi untuk dunia pengetahuan yang dibuat dengan komputer.
D. Efek Animasi dalam Multimedia
Ada 3 macam efek animasi yang di gunakan dalam multimedia :
1.      Animasi berbasis Pixel
Pada dasarnya adalah kumpulan dari gambar berbasis piksel yang dimainkan berurutan berkelanjutan yang menimbulkan kesan sebuah gerakan.
Hal ini biasanya membentuk sebuah file gambar gerak baik terkompres maupun tidak, seperti berkas MPEG, file .mov QuickTime, AVI atau tipe berkas lain yang serupa.
2.    Animasi berbasis Vektor
Animasi Flash adalah format standart industriuntuk animasi berbasis vektor.
Tidak mengandalkan transisi piksel antar gambar individual, animasi di hasilkan dengan memanipulsai penentuan geometri dan vektor gambar.
3.     Animasi Hibrid
Animasi berdasarkan pergerakan piksel dan atau elemen-elemen yang berbasis vektor, gambar atau film oleh authoring software.
Contoh dari ini adalah kemampuan untuk menganimasikan gambar piksel dan teks berbasis vektor dengan sebuah gambar latar dalam sebuah media presentasi interaktif.

E. Metode untuk Mengontrol Animasi
Full Explicit Control
Animator mengatur seluruh kontrol animasi dengan segala perintahperintah
yang akan dilakukan dalam animasi, bahkan untuk data-data seperti
interpolasi dan rotasi dilakukan secara eksplisit atau berdasarkan inputan dari mouse, keyboard, atau joystick.
Procedural Control
Berdasarkan komunikasi antar obyek untuk mendapatkan property nya.
Control yang terjadi adalah control antara satu obyek dengan obyek yang lain.
Misalnya: suatu obyek bola tidak boleh melewati obyek dinding.
Constraint-based System
Pengontrolan terjadi karena pengaruh obyek lain, dimana obyek tersebut
berinterakasi.
Tracking Live Action
Pengontrolan terjadi berdasarkan kenyataan yang ada sesuai dengan dunia
nyata.
Kinematics and Dynamics
Kinematik berdasarkan posisi dan kecepatan dari point.

F. Transmisi Animasi
Symbolic Representation
Obyek  animasi  (misal  bola)  direpresentasikan bersamaan  dengan  perintah  operasinya  (bola digelindingkan),  kemudian  di  sisi  penerima  baru ditampilkan. Ukuran file lebih kecil, tetapi waktu untuk mendisplay  akan  lebih  lama  karena  harus  ada  scan- converting telebih dahulu di sisi penerima.
Pixmap Representation
Pixmap ditransmisikan semua dan ditampilkan di sisi penerima. Waktu transmisi lebih lama, namun waktu mendisplay lebih cepat.


G. Tool Animasi
Flash dan Animasi Web
Animasi  dapat  ditambahkan  ke  dalam  halaman  web  dalam  bentuk animasi GIF atau video embedded. Format yang paling populer untuk animasi  web  adalah SHOCKWAVE  FLASH  (SWF) biasanya  di generate  menggunakan Macromedia  Flash,  yang  berupa  animasi vektor.
Animasi  SWF  memerlukan  bandwidth  yang  lebih  rendah dibandingkan  video  dan  format  bitmap.  Harga  yang  harus  dibayar dengan  bandwidth  yang  lebih  rendah  ini  adalah  animasi  vekor  tidak sepenuhnya  didukung  /  dapat  ditampilkan  dibandingkan dengan bitmap (perlu plug in khusus).
Flash lebih dari sekedar program animasi. Flash mendukung scripting language,  yang  disebut  Action  Script,  sehingga  dimungkinkan  untuk membuat  animasi  yang  interaktif dan  membuat  aplikasi  web  dengan userinterface berupa Flash.




BAB III
MENGENAL MACROMEDIA FLASH 8



A. Mengenal Jendela Kerja
Berikut merupakan tampilan dasar jendela kerja Flash 8, saat anda memulai membuat file baru
Jendela kerja Flash 8 terdiri atas :


               Menubar


Berisi kumpulan menu atau perintah – perintah yang di gunakan dalam Flash 8
Toolbar
Toolbar  merupakan  panel  berisi  berbagai  macam  tool.  Tool-tool  tersebut dikelompokkan  menjadi  empat  kelompok:
Tools ;  berisi  tombol-tombol untuk membuat  dan  mengedit  gambar,
View ;  untuk  mengatur  tampilan  lembar  kerja,
Colors ; menentukan warna yang dipakai saat mengedit,
Option ; alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Timeline
Timeline  atau  garis  waktu  merupakan  komponen  yang  digunakan  untuk  mengatur atau mengontrol  jalannya  animasi.  Timeline  terdiri  dari  beberapa  layer.  Layer  digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi.  Semakin  panjang  frame  dalam  layer,  maka  semakin  lama  animasi  akan berjalan.

Stage
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek - objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.

        Panel
Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash 8 diantaranya panel: Properties, Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.

Properties
Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada  jendela  properties  adalah  fungsi-fungsi  untuk  mengatur  line/garis  seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.

Library
Panel  Library  mempunyai  fungsi  sebagai perpustakaan  simbol/media  yang  digunakan  dalam animasi  yang  sedang  dibuat.  Simbol  merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).

Document Properties
Fungsi Document Properties adalah untuk  melakukan pengaturan ukuran layar,  warna background , Framerate , dan dimensi dari animasi yang akan dibuat. Untuk memanggil kotak dialog Document Properties , pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.





BAB IV
PROSES PRODUKSI DAN JASA



A.                     Jadwal Waktu Pelaksanaan

No
Kegiatan
Januari
Februari
Maret
April
Tempat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perancangan Judul
Sekolah
2
Gambar kerja
Sekolah
3
Pengumpulan Data
Sekolah
4
Laporan
Sekolah
5
Presentasi/Vertifikasi
Sekolah
6
Ujian Sekolah dan Nasional
Sekolah

B.     Alat dan Bahan
1.      Alat

No
Nama Alat
Spesifikasi
Satuan
Jumlah
1.
Macromedia Flash 8
-
Buah
1
2
CD Installer OS Windows 2000 / XP
Microsoft Corp
Buah
1
3
CD Installer Open Office
Microsoft Corp
Buah
1

2.      Bahan

No
Nama Bahan
Spesifikasi
Satuan
Jumlah
1
Sistem Hardware Komputer
a. Sistem Oprasi Windows XP Professional
Unit
1
 bProccessor CoreTM i3-2310M
Unit
1
 c. Hardisk 500 GB
Unit
1
 d. DVD-Super DL Drive
Unit
1
 e.Battery 6-cell Li-ion
Unit
1
 F. Mouse pad
Unit
1
 g. Speaker Active
Unit
1
 h. Mouse
Unit
1
 i. Key Board
Unit
1
 j. Stavolt
Unit
1

C.  Proses dan Sistematika Kerja
1.      Membuka Macromedia Flash 8
Untuk membuka program Macromedia Flash 8 anda dapat melakukan cara berikut:
Pilih Strat > Program > Macromedia > Flash 8

  Pilih ikon Flash 8pada dekstop (Layar Monitor)
  Beberapa saat akan muncul jendela dialog sebagai berikut :
             

Pilih Creat New > Flash Document untuk memulai membuat file baru.
Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.

cara membuatnya adalah:

1.      buat file Flash Document



2.      Klik Modify > Document



Atur width dukumen dengan ukuran 990px, height dengan ukuran 985px, dan background dokumen dengan warna hitam (#00000). dan klik OK
Catatan : Untuk membuat objek martahari, Merkurius dan planet lainnya, dengan menggunakan gambar.

Untuk mengimport gambar-gambar planet-planet tadi caranya adalah:

a. Klik File> Import> Import to Library
Import semua file gambar planet ke library. agar langsung semuanya terimport tekan CTRL dan klik satu-satu file gambar planetnya. seperti gambar di bawah ini:


3. Lalu buat objek matahari, dengan  mengeklik dan tarik nama Sun-icon.png yang ada di Library dan letakan di tengah. atau perhatikan gambar dibawah ini:


          4. Klik ADD layer


5. Klik layer 2, klik timeline jarak 60 atau lebih (jarak yang lebih jalannya revolusi planet akan lambat), klik kanan, dan klik insert frame . lakukan hal sama pada layer 1 dan semua layer.


6. Klik layer 2 atau layer merkurius, klik dan seret file bernama mercury-icon.png yang ada pada library.

Catatan: klik Free transform tool yang ada di toolbar tool dan klik objek merkurius yang tadi di letakan, lalu sesuaikan ukurannya.

7. Klik layer 2 atau layer merkurius, dan klik Add motion guide yang ada di samping tombol add layer. klik layer guide: layer 2 dan buat jalur planet merkurius dengan oval tool. dan jangan lupa hapus bagian mana saja untuk dijadikan ujung dan akhir jalannya planet. satu kali saja.


8. klik layer 2, klik timline jarak 60, klik kanan dan klik Insert keyframe.
9. klik keyframe jarak 1 pada layer 2, klik kanan dan klik create motion tween.


10. klik keyframe jarak 1, dan klik objek merkurius dengan menggunakan selection tool dan seret ke ujung garis jalur.


        11. klik keyframe jarak 60, dan klik objek merkurius dengan menggunakan selection tool lalu seret ke akhir jalur.


12. lakukan hal sama pada semua pembuatan planet, sampai neptunus.
13. Untuk menyimpan file animasinya menjadi swf klik File > Export > Export to Movie, namai filenya lalu klik save.





BAB V
PENUTUP


Dengan mengucapkan rasa puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas berkah-NYA yamg melimpah, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tugas akhir ini dengan penuh tanggung jawab,walaupun masih banyak kekurangan dan masih jauh dari tujuan yang diharapkan.
Harapan kami semoga laporan ini dapat diterima untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian kompetensi, melalui laporan ini kami mengucapkan terima kasih kepada bapak pembimbing dan mohon maaf atas segala kekurangan yang dapat dalam penyusunan laporan ini.
Dengan ini penulis mengharapkan saran beserta kritik yang bersifat membangun untuk meningkatkan kesempurnaanya proposal ini dan demi menambah pengetahuan kami.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih kepada pembimbing dan teman-teman yang telah ikut serta membantu dalam menyusun laporan ini, sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan tepat pada waktunya.

Kesimpulan
Dalam banyak hal, animasi lebih efektif untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkadang mustahil untuk ditayangkan dengan live action.

Keunggulan pemakaian animasi antara lain :
1. lebih mudah diingat penggambaran karakter yang unik
2. efektif langsung pada sasaran yang dituju
3. efisien sehingga memungkinkan frekuensi yang tinggi
4. lebih fleksibel mewujudkan hal-hal yang khayal
5.dapat diproduksi setiap  waktu
6. kreasi tidak terbatas kendala teknis
7. dapat dikombinasikan dengan live action
8. kaya akan ekspresi warna.

Dengan demikian dalam membuat animasi dibutuhkan eksplorasi  dan pengembangan  pengetahuan yang  berkaitan  dengan  ide cerita yang  dibuat  disamping kemampuan, menggambar sangat menentukan bentuk animasi yang dihasilkan.



DAFTAR PUSTAKA

Teori Multimedia kelas X dan XI


BIODATA PENULIS



Nama                           : Siti Lailatul Munadirro
Tempat, tanggal lahir     : Sidoarjo, 22 Juni 1996
Alamat                         : Jln. Nitirejo Ds.Keboan Anom 485, Gedangan- Sidoarjo
Sekolah                        : SMK “Antartika” 2 Sidoarjo
Jurusan                        : Multimedia
Kelas                            : XII Multimedia 3
Pendidikan Formal         :
             1.      SDN Keboan Anom  lulus tahun 2007
             2.      SMPN 2 Gedangan lulus tahun 2010
             3.      SMK Antartika 2 Sidoarjo lulus tahun 2013
Pendidikan Non-Formal : Kursus B.inggris di Master English tahun 2010
Prakerin                        :
      Kecamatan Gedangan , Sidoarjo selama 4 bulan ( 9 Januari 2012 – 9 Mei 2012 )





About this blog

Mengenai Saya

Foto saya
sidoarjo, sidoarjo / jawa timur, Indonesia
jangan negative thinking terhadap orang lain ^_^


Lailla Lella
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Original design by: Tejahtc.blogspot.com - Tejahtc.blogspot.com - Oktober 2010